Get this widget [ Here ]
Home » » Demam Panggung

Demam Panggung


Hari Gini Masih,Demam Panggung ???

Pernahkan Anda merasakan yang namanya demam panggung, atau gugup dan blank dalam berpresentasi sehingga presentasi Anda menjadi kurang bagus atau bahkan jadi bahan lelucon dikampus,kelas atau kantor. Di dalam blog ini akan mengulas tentang demam panggung dan cara – cara mengatasi ala deks, mohon dibaca dengan seksama…
Demam Panggung adalah kekawatiran, ketakutan atau fobia yang berhubungan dengan penampilan di depan penonton atau kamera. Bentuk ketakutan ini dapat mendahului atau menyertai didepan umum(Wikipedia).
Demam panggung juga ditemukan pada olahragawan, dalam kasus ini ketakutan bahwa mereka akan berprestasi lebih rendah daripada harapan yang penonton inginkan.
Beberapa dari akibat demam panggung adalah tremor(gemetar) di tangan, kaki, gugup, mulut kering,intonasi kata – kata berubah menjadi tidak jelas. Demam panggung juga dapat menimpa siapa saja dari pemula sampai veteran.
Cara mengatasi demam panggung ala deks :
1.         Kuasai materi yang akan disampaikan, sehingga kalau ada pertanyaan dari penonton Anda tidak gugup dan dapat menjawab dengan benar karena anda telah menguasai materi yang akan Anda sampaikan.
2.        Anda harus percaya diri terhadap kemampuan anda dan tanamkan pada diri dan dipikiran Anda bahwa “Saya bisa melakukan presentasi ini dengan baik”.
3.        Sebelum naik panggung atau presentasi, buat diri anda nyaman seyaman – nyaman dulu dan tarik napas dalam – dalam disertai berdoa.
4.        Setelah naik panggung  atau Anda sudah  berada didepan penonton pasti anda akan sedikit gugup( nervous), didalam situasi ini usahakan diri untuk berusaha rileks dan lakukan presentasi( kendalikan panggun dan penonton atau Anda yang akan dikendalikan penonoton ).
5.        Berusahalah berinteraksi dengan penonton, baik dengan cara interaksi verbal ataupun dengan mimik wajah dan bahasa tubuh.
6.        Kalau Anda sudah memegang kendali dalam presentasi Anda, cobalah untuk melatih intonsai Anda, sehinggadapat didengar dengan baik oleh penonoton. Jadi apa yang Anda sampaikan tidak sia – sia.
Mungkin cara mengatasi demam panggung itu tidak sesimpel seperti penulisan blog ini, tapi mungkin hanya sebatas pedoman. Mungkin untuk menguasai panggung ini tidak dilakukan dengan 1X ataupun 2X, tapi berkali – kali !!
Semoga tulisan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi para pembaca…

Semoga Berhasil ….

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

SELAMAT DATANG MAS BRO N MBAK BRO SEMUA

Blogroll

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Doni Mawardi Alfiki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger